Kolom Pencarian Menu Utama

Motor mogok

Kondisi motor mati saat di gas ini memang sangat merugikan dan mengurangi kenyamanan berkendara, ditambah lagi bisa berbahaya jika terjadi saat kecepatan tinggi.

Banyak pengendara yang mungkin bertanya-tanya apa penyebab utamanya dan bagaimana cara mengatasinya. Masalah ini biasanya disebabkan karena adanya komponen dalam mesin motor yang tidak bekerja dengan optimal.

Baik pada motor karburator maupun injeksi, gangguan pada sistem pengapian, suplai bahan bakar, hingga kondisi komponen pendukung lainnya seperti busi dan koil dapat memicu mesin mati saat gas ditarik.

Busi Bermasalah

Busi yang sudah mulai aus atau kotor dapat mengganggu pembakaran di ruang mesin. Ketika gas ditarik, pembakaran tidak sempurna sehingga mesin tersendat atau mati mendadak.

Karburator Kotor

Saluran bahan bakar pada karburator yang kotor atau tersumbat juga menjadi salah satu penyebab motor mati saat di-gas. Karburator yang kotor membuat aliran bahan bakar ke mesin terhambat, mengganggu performa motor.

Koil Rusak

Koil yang bermasalah menyebabkan tegangan listrik yang masuk ke busi tidak maksimal, sehingga proses pembakaran terganggu. Ini bisa membuat motor mati saat gas dinaikkan.

CDI Lemah

CDI (Capacitor Discharge Ignition) berfungsi sebagai pengatur pengapian. Jika CDI rusak, pengapian mesin tidak berjalan dengan baik, menyebabkan motor sulit dihidupkan atau mati ketika gas ditarik.

Injektor Tersumbat atau Kotor

Injektor bertugas menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar dengan takaran yang tepat. Jika injektor kotor atau tersumbat, aliran bahan bakar ke mesin tidak lancar, menyebabkan motor tersendat atau mati ketika gas ditarik.

Pompa Bahan Bakar Lemah

Pada motor injeksi, pompa bahan bakar berfungsi mengalirkan bahan bakar dari tangki ke injektor. Jika pompa bahan bakar melemah atau rusak, tekanan bahan bakar tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan mesin saat akselerasi, sehingga mesin bisa mati mendadak.

Sensor Throttle Position Sensor (TPS) Rusak

TPS adalah sensor yang mengukur posisi throttle atau bukaan gas dan mengirimkan data ke ECU (Engine Control Unit). Jika sensor ini rusak, ECU akan menerima data yang salah, sehingga suplai bahan bakar dan udara tidak sesuai, menyebabkan motor mati ketika gas dibuka.

Kerusakan pada ECU

ECU adalah otak dari motor injeksi, yang mengatur suplai bahan bakar, udara, dan sistem pengapian. Jika ECU mengalami kerusakan, distribusi bahan bakar bisa terganggu, ini bisa jadi Penyebab Motor Mati Ketika di Gas.

Baca juga : Alasan Kenapa BBM Non Subsidi Berbeda-beda Tiap Daerah

Filter Udara atau Bahan Bakar Kotor

Filter udara dan filter bahan bakar yang kotor dapat menghalangi aliran yang dibutuhkan mesin untuk bekerja optimal. Jika aliran udara atau bahan bakar tidak cukup, motor bisa mati ketika gas ditarik.

Spul atau Pulser Bermasalah

Kerusakan pada spul atau pulser bisa membuat suplai listrik ke bagian pengapian tidak stabil, sehingga motor bisa mati mendadak terutama saat akselerasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *