Ciri Aki Motor Harus Diganti, Cek Sebelum Melakukan Perjalanan
0 Komentar 16 Juli 2025
Aki adalah komponen penting pada motor yang menghidupkan seluruh sistem kelistrikan, seperti sistem electric starter dan lampu-lampu.
Hampir semua motor roda dua modern dilengkapi aki tipe MF (maintenance free) yang tidak memerlukan perawatan, seperti pengisian air aki.
Aki dapat dianggap sebagai “jantung” sepeda motor injeksi, karena semua fungsi mesin bergantung pada daya listrik, termasuk fuel injector. Oleh karena itu, penting untuk mengenali gejala aki yang mulai soak agar dapat menghindari mogok di tengah perjalanan.
Cek Komponen Sebelum Mengganti Aki
Sebelum memeriksa tanda-tanda aki yang perlu diganti, periksa dulu komponen lain yang mungkin memengaruhi sistem kelistrikan. Kerusakan pada komponen lain bisa menyebabkan aki cepat soak.
Cek Spul
Tegangan listrik pada aki dapat menurun jika spul atau alternator rusak. Jika ada gulungan yang terbakar, ganti komponen ini sebelum mengganti aki.
Cek Kiprok
Jika spul dalam kondisi baik, periksa regulator atau kiprok. Pegang kiprok saat mesin menyala; kiprok yang baik akan terasa hangat.
Cek Kabel
Jika spul dan kiprok baik, periksa kabel-kabel motor. Kabel konslet dapat menyebabkan aki cepat soak. Gunakan multimeter atau tespen untuk memeriksa satu per satu kabel.
Ciri Aki Motor Harus Diganti
Umur Aki
Ingat umur aki yang digunakan untuk mencegah mogok di jalan. Aki biasanya memiliki masa pakai sekitar 2 tahun. Jika lebih dari 2 tahun, lakukan pengecekan.
Sulit Menyalakan Mesin
Aki yang rusak biasanya sulit menyalakan mesin, terutama di pagi hari. Meski dapat menyala setelah mesin panas, ini merupakan tanda adanya masalah.
Mati Setelah Dijumper
Jika aki mati dan setelah dijumper hidup, tetapi mati kembali saat jumper dilepas, kemungkinan ada masalah pada sistem pengisian. Cek komponen yang telah disebutkan sebelumnya.
Tegangan di Bawah 10 Volt
Untuk memeriksa kondisi pengisian aki, kunci kontak ke posisi on dan aktifkan lampu sein serta klakson. Jika tegangan di bawah 9 volt saat distarter, berarti aki dalam kondisi buruk.
Suara Klakson dan Lampu Redup
Aki yang lemah biasanya disertai dengan lampu yang meredup dan suara klakson yang pelan.
Indikator Aki
Perhatikan lampu indikator aki pada dashboard. Jika lampu berkedip atau menyala terus saat kontak di posisi on, itu tanda aki mulai tidak layak pakai.
Mesin Tidak Langsam
Jika mesin sepeda motor tidak bisa langsam saat idle atau mengalami “brebet” saat dikendarai, itu bisa jadi tanda masalah pada aki. Meskipun mesin menyala, pernapasannya bisa terputus-putus.
Mati Total
Pada motor injeksi, jika aki mati, mesin tidak dapat dinyalakan sama sekali, bahkan dengan kick starter. Dalam hal ini, penggantian aki perlu segera dilakukan.