Kolom Pencarian Menu Utama

Kenapa Rem Cakram Bolong Bolong Inilah Fungsi Utamanya

Rem cakram mampu melepas panas lebih baik dibandingkan sistem rem tromol, dan kini banyak sepeda motor modern yang menggunakannya.

Salah satu komponen utama rem cakram adalah piringan cakram, yang dilengkapi dengan lubang-lubang khusus. Apa tujuan dari lubang-lubang ini, dan mengapa dibuat dengan desain dan ukuran tertentu?

Beberapa orang mungkin berpikir lubang pada piringan cakram berfungsi untuk mengaitkan gembok, namun sebenarnya fungsinya lebih dari itu.

Lubang-lubang pada cakram memiliki dua fungsi utama:

1. Pelepasan Panas

Lubang-lubang ini membantu melepaskan panas yang timbul saat pengereman, akibat gesekan antara piringan cakram dan kampas rem. Desain ini mempercepat pendinginan dengan memungkinkan aliran udara yang lebih baik pada piringan cakram. Lubang-lubang ini juga memberi ruang tambahan untuk pemuaian akibat panas.

2. Membuang Residu Kotoran dan Debu

Lubang pada cakram juga berfungsi untuk membuang kotoran seperti debu dari piringan cakram, mencegah lecet atau goresan tidak merata yang dapat mengurangi performa pengereman. Kotoran yang dihasilkan dari gesekan kampas rem, jika tidak dibuang, bisa menurunkan kinerja rem dan menimbulkan suara berdecit.

Mengurangi Bobot Komponen Pengereman

Selain itu, lubang-lubang ini juga membantu mengurangi bobot sepeda motor. Jumlah dan ukuran lubang pada piringan cakram disesuaikan dengan kebutuhan pengereman. Diameter cakram dan lebar kampas rem juga memengaruhi efektivitas pengereman.

Piringan cakram terbuat dari campuran besi dan stainless steel (SUS) untuk kekuatan dan ketahanan karat. Hal ini memastikan piringan cakram tetap kokoh dan tidak cepat aus, menjaga performa rem tetap optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *