Perawatan Aki untuk Motor Injeksi: Tips Agar Motor Tidak Mudah Mogok
0 Komentar 16 Juli 2025
Sepeda motor dengan teknologi injeksi kini semakin populer di kalangan masyarakat. Sistem injeksi dikenal lebih efisien dibandingkan dengan sistem karburator, terutama dalam hal pencampuran udara dan bahan bakar yang menghasilkan pembakaran lebih sempurna.
Selain itu, motor injeksi umumnya lebih ramah lingkungan dan hemat bahan bakar, sehingga banyak produsen kendaraan yang beralih menggunakan teknologi ini pada model motor terbaru mereka.
Namun, teknologi injeksi ini juga memiliki ketergantungan yang besar terhadap komponen aki. Aki berperan penting sebagai sumber tenaga utama, terutama untuk menyalakan mesin melalui starter elektrik. Jika aki mengalami masalah atau mulai soak, kinerja motor dapat terganggu, dan motor berisiko mogok. Oleh karena itu, perawatan aki yang tepat sangat penting agar motor injeksi tetap dalam kondisi prima dan siap digunakan kapan saja.
Sistem Injeksi
Kinerja sepeda motor dengan sistem injeksi sangat bergantung pada aki. Selain berfungsi untuk menyalakan lampu dan membunyikan klakson, aki adalah sumber tenaga utama untuk menyalakan mesin melalui starter elektrik. Jika kualitas aki menurun atau bahkan soak, sepeda motor bisa mogok dan tidak dapat dinyalakan meskipun dipaksakan.
Kebanyakan sepeda motor sekarang menggunakan starter elektrik sebagai pilihan utama dibandingkan kick starter. Hal ini membuat daya aki lebih cepat terkuras, apalagi jika digunakan setiap kali mesin dinyalakan. Jika jangkauan harian motor cukup pendek, proses pengisian aki juga menjadi kurang optimal.
Untuk mengantisipasi motor mogok mendadak akibat aki yang soak, Sobat oto sebaiknya rutin merawat kondisi aki dan mesin motor.
Menjaga Kualitas Aki
Cara sederhana untuk menjaga kualitas aki adalah dengan memanaskan mesin motor sebelum digunakan. Ini dapat membantu menjaga kondisi aki tetap prima. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan ketika motor dengan karburator tiba-tiba mogok?
Sobat oto bisa melakukan teknik mendorong motor yang mogok dengan memasukkan gigi dua sambil menarik kopling dan mendorongnya hingga kecepatan tertentu, kemudian melepas kopling agar motor dapat menyala kembali. Sobat oto juga bisa memiringkan motor untuk mengalirkan bahan bakar ke saluran bahan bakar. Aliran bahan bakar akan mengalir ke karburator mengikuti gaya gravitasi hingga cukup untuk menyalakan mesin. Namun, cara ini kurang efektif jika diterapkan pada motor injeksi.
Sementara untuk motor matik, Sobat oto bisa melakukan kick starter secara berulang dengan posisi kontak Off agar bahan bakar memenuhi ruang bakar. Setelah itu, motor kemungkinan besar akan menyala dengan kick starter saat kontak diputar ke posisi On. Cara ini juga bisa membantu mengisi kembali aki sedikit demi sedikit setelah beberapa kali di-kick starter.
Lalu, bagaimana jika aki benar-benar sudah tidak bisa digunakan?
Solusi Aki Mati
Tidak ada solusi lain jika aki motor Sobat oto benar-benar drop sehingga mesin motor tidak dapat dinyalakan sama sekali. Jika motor mendadak mati akibat aki drop dan Sobat oto sedang berada jauh dari bengkel, jangan panik! Planet Ban menyediakan Layanan Antar Aki Motor untuk membantu Sobat oto!